KIM GPK Perpat Persiapkan Tumbilatohe

Oleh KIM Prepat 1 Dibaca 159 Kali 07 Jun 2018, 21:51:44Sosial Budaya

KIM GPK Perpat Persiapkan Tumbilatohe

Keterangan Gambar : Sejumlah rema muda yang tergabung dalam KIM GPK Perpat Kecamatan Kabila sedang mempersiapkan perayaan malam pasang lampu (Tumbilatohe) dengan mendesain dan menancapkan bambu di bahu jalan di sepanjang jalan Perpat, Rabu (6/6) malam. (F.Hms/Kadir)


BONEBOL, KIM GPK PERPAT – Sejumlah rema muda yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Gerakan Pemuda Kreatif Perbatasan Pauwo Tumbihe (GPK Perpat) Kecamatan Kabila saat ini mulai mempersiapkan perayaan malam pasang lampu (Tumbilatohe) yang menjadi tradisi masyarakat Gorontalo setiap akhir bulan Ramadan.
Persiapan yang dilakukan para rema muda yang tergabung dalam KIM GPK Perpat tersebut, diantaranya mendesain dan menancapkan bambu di sepanjang bahu jalan yang akan digunakan untuk tempat lampu minyak botol sekaligus lampu listrik (lampu hias).
Ketua KIM GPK Perpat, Mislan Tomelo mengatakan, sudah beberapa tahun ini para rema muda yang tergabung dalam GPK Perpat selalu berusaha membuat kampung maupun lorong perbatasan Kelurahan Pauwo dan Kelurahan Tumbihe tampil lebih menarik dalam setiap pelaksanaan malam Tumbilatohe.”Makanya untuk perayaan malam Tumbilatohe tahun ini, sudah jauh-jauh sebelumnya dipersiapkan,”ujar Mislan Tomelo didampingi Nanang Isa salah seorang rema muda Kelurahan Tumbihe.
Menurutnya, setiap wilayah tentu memiliki ciri khas lampu tertentu dalam setiap perayaan malam Tumbilatohe, tergantung kreasi dan kesepakatan masyarakat dan juga para rema muda setempat. Apalagi tradisi Tumbilatohe ini hanya digelar pada tiga malam di penghujung Ramadan.“Semoga Tumbilatohe tahun ini akan lebih semarak,”tutup Mislan Tomelo. (KIM GPK Perpat/Mislan)
 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. gaskin 03 Agu 2018, 01:36:31 WIB

    selalu berusaha

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Website ini sangat bermanfaat bagi anda?
  Sangat Setuju
  Setuju
  Kurang Setuju
  Tidak Setuju
  Tidak Tahu

Komentar Terakhir

  • technology of things

    Hi, I think your web site could be having internet browser compatibility ...

    View Article
  • fake GED diploma

    Thank you, I have recently been searching for info about this topic for a long ...

    View Article
  • mivo

    Cerdas dan tidak melupakan kebudayaan daerah ...

    View Article
  • channel tvri hd

    berwisata ke obyek wisata pemandian air panas ...

    View Article