Pemkab Bone Bolango Luncurkan Buku Nani Wartabone

Oleh Administrator Dibaca 50 Kali 27 Jan 2019, 17:08:34Berita Daerah

Pemkab Bone Bolango Luncurkan Buku Nani Wartabone

Keterangan Gambar :


Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo meluncurkan buku tentang pejuang peristiwa Patriotik 23 Januari 1942, seorang pahlawan nasional perintis kemerdekaan Indonesia dari bumi Gorontalo yaitu Nani Wartabone.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Jumat, mengatakan buku itu diterbitkan atas kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone Bolango dengan Yayasan Serat Manado.

"Buku ini merupakan catatan-catatan kecil atau kesaksian Jendral Besar A.H. Nasution untuk sahabatnya Nani Wartabone, seorang pahlawan nasional dari Gorontalo," ujarnya.

Ia mengungkapkan jika buku itu memiliki 76 halaman itu untuk mengenang kepahlawanan pahlawan nasional perintis kemerdekaan Gorontalo.

"Nilai-nilai yang telah diperjuangkan oleh pahlawan nasional Nani Wartabone dan kawan-kawan seperjuangan dalam mengusir dan melepaskan diri dari penjajah kala itu sangat luar biasa," ucapnya.

Pesan penting yang diperoleh adalah bagaimana setelah 77 tahun peristiwa Hari Patriotik 23 Januari 1942, wilayah ini merdeka dari keterbelakangan dari pendidikan, merdeka dari masalah-masalah kesehatan, merdeka dari kebodohan maupun pembodohan, merdeka dan bebas dari tekanan, bebas dari pelanggaran hak asasi manusia, bebas dari hoaks, fitnah-fitnah, dan lainnya.

"Ini yang harus terus kita perjuangkan. Kami sebagai warga Gorontalo, warga Bone Bolango, tentu peristiwa Hari Patriotik 23 Januari 1942 ini sungguh sangat luar biasa. Susah dilukiskan dengan kata-kata bagaimana perjuangan Nani Wartabone dan kawan-kawan," kata dia.

Hamim menjelaskan jika tantangan hari ini adalah bagaimana berperang menurunkan kemiskinan, mengurangi kesenjangan yang ada di Gorontalo, termasuk juga bagaimana memperbaiki layanan publik yang ada di Gorontalo.

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: Hence Paat
COPYRIGHT © ANTARA 2019



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Website ini sangat bermanfaat bagi anda?
  Sangat Setuju
  Setuju
  Kurang Setuju
  Tidak Setuju
  Tidak Tahu

Komentar Terakhir

  • technology of things

    Hi, I think your web site could be having internet browser compatibility ...

    View Article
  • fake GED diploma

    Thank you, I have recently been searching for info about this topic for a long ...

    View Article
  • mivo

    Cerdas dan tidak melupakan kebudayaan daerah ...

    View Article
  • channel tvri hd

    berwisata ke obyek wisata pemandian air panas ...

    View Article